LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWA DI SMAN 1 MANIANGPAJO

Berselang 13 hari setelah acara pelantikan dan Raker, tepatnya tanggal 6-8 Februari 2009, Hipermawa Koperti UNM kembali mengadakan kegiatan. Bedanya kalau kemarin diadakan di Makassar, kini di Anabanua, tepatnya di SMAN 1 Maniangpajo, Kabupaten Wajo. Kegiatannnya adalah Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS).
Kegiatan ini sendiri terlaksana berkat kerjasama Hipermawa Koperti UNM dengan OSIS SMAN 1 Maniangpajo. Kepala Sekolah SMAN 1 Maniangpajo, Drs. Jamade, M.Pd dan Wakasek Kesiswaan Hanaping, S.Pd menyambut baik tawaran kerjasama dari pihak Hipermawa UNM. Bahkan kedatangan kami disambut hangat dengan penuh kekeluargaan layaknya keluarga dekat.
Ketua Komite SMAN 1 Maniangpajo sekaligus Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Maniangpajo, ayahanda Syamsul Bakhri disela-sela sambutannya ketika membuka kegiatan LKS tersebut menyatakan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pihak Hipermawa Koperti UNM karena masih mau meluangkan waktunya untuk peduli dengan nasib adindanya di SMAN 1 Maniangpajo pada khususnya dan seluruh siswa tanpa terkecuali di Kabupaten Wajo pada umumnya.
Senada dan seirama dengan ungkapan dari ketua Komite SMAN 1 Maniangpajo, Ketua Umum Hipermawa UNM, Ahmad Junaedi dalam sambutannya menyatakan ungkapan terima kasihnya karena diterima dan disambut dengan tangan terbuka di SMAN 1 Maniangpajo. Selain itu dia mengatakan bahwa pengurus Hipermawa Koperti UNM senantiasa akan mengawal kepentingan adinda-adindanya yang akan kuliah di Makassar. “Kita akan sediakan posko khusus untuk MABA 2009 di sekitar BAAK UNM pada PMB mendatang” ungkapnya.
Dalam pelaksanaanya sendiri, para peserta LKS yang berasal dari kelas X dan XI dengan jumlah total sekitar 60-an orang mengikuti materi dengan antusiasme yang tinggi. Hanya saja jumlah peserta yang dinyatakan lulus sampai akhir kegiatan hanya 47 orang. Itu karena mereka melanggar kontrak belajar yang telah disepakati sebelumnya sebelum materi pertama disajikan.
Pemateri-pemateri sendiri yang diturunkan dalam kegiatan ini berasal dari beberapa kalangan, misalnya saja dari Hipermawa UNM sendiri, Kepala Sekolah, Dewan Pembina bahkan ada dari pengurus OSIS SMAN 1 Maniangpajo atas nama IKA LISMAYANI yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum OSIS SMAN 1 Maniangpajo. Hal ini dimaksudkan agar pengurus OSIS juga bisa unjuk gigi, memperlihatkan kebolehannya dalam menghantarkan materi dan ternyata sukses..
Selain pemberian materi dalam bentuk praktek, para peserta juga dibekali materi yang bersifat praktice seperti praktek metode persidangan. Selain itu, acara renungan pun sengaja diadakan tepat pukul 01.00 WITA. Dalam renungan itu sendiri, ada beberapa peserta yang menangis bahkan sampai ada yang pingsan. Renungan ini dibawakan oleh ibunda ST. HALIAH, S.Ag.
Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan olahraga santai dan penutupan. Drs. Yunus yang mewakili Kepala SMAN 1 Maniangpajo dalam acara penutupan LKS berharap ke depannya, pengurus Hipermawa Koperti UNM dapat terus melaksanakan kegiatan semacam ini disekolahnya. Pernyataan tersebut disambut denga tepuk tangan yang sangat meriah dari pihak peserta maupun panitia.